Panduan Membuat Manga atau Komik Sendiri yang Mudah Untuk Pelajar

Manga

Manga atau dikenal dengan istilah komik dari Jepang ini banyak digemari oleh banyak orang, terutama anak muda Indonesia yang gemar sekali membaca manga. Kebanyakan jenis manga yang diciptakan membawa sensasi menarik untuk dinikmati, terlebih lagi alur cerita yang dibawakan selalu membuat penasaran untuk terus membacanya.

Tidak mengherankan kalau komik dari Negeri Sakura ini mampu membuat banyak orang kecanduan, terlebih lagi beberapa serial tv berhasil menciptakan anime yang berasal dari sebuah Manga dan laris manis di tonton banyak orang. Contoh beberapa manga yang berhasil dibuat jadi anime seperti manga One Peace, Naruto, One Puch Man dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, apakah kamu sendiri penasaran dengan cara membuat manga itu seperti apa ? Beruntung karena di artikel ini kami akan memberikan pembahasan menarik, khususnya untuk kamu yang ingin belajar membuat manga sendiri berdasarkan tips yang kami berikan. Silahkan simak dibawah ini tips dan penjelasannya yah.

Panduan Mudah Membuat Manga dengan Jalan Cerita Sendiri

1. Menentukan jalan cerita terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin membuat sebuah manga, maka harus menentukan jalan ceritanya dahulu. Jelas membosankan kalau manga tidak ada jalan ceritanya, contoh saja manga yang alurnya lurus tanpa ada konflik dan mundur.

Nah, jalan cerita dari manga ini sangat banyak mulai dari fantasi, sejarah, sepotong kehidupan dan masih banyak lagi yang lainnya. Pada intinya, kamu harus bisa menentukan konsep jalan cerita manga yang menarik dan tidak biasa.

Karena kebanyakan orang saat ini lebih suka dengan jalan cerita yang mengundang rasa penasaran, jadi besar kemungkinan manga yang kamu buat bakal lebih menarik dan dibaca banyak orang. Nah, inilah tahap pertama yang harus kami pikirkan sebelum memutuskan membuat manga sendiri.

2. Tulis ringkasan cerita

Cara kedua setelah kamu berhasil menentukan jalan cerita, berikutnya adalah ringkasan cerita yang ingin kamu tuangkan dalam jalan cerita manga nantinya. Kami sarankan ketika membuat cerita dari manga, tulislah dulu topik cepatnya sehingga tidak mudah lupa dengan alur yang dibawah.

Contoh kecil saja, seorang anak kecil dengan kekuatan iblis yang sedang mencari buah kehidupan demi mengembalikan dirinya menjadi manusia normal.

Nah, cerita singkat seperti ini nanti bisa jadi panjang lebar dengan menambahkan beberapa adegan menarik dari setiap scane. Pada intinya, buatlah konsep cerita ringkas terlebih dahulu agar tidak stack.

3. Membuat karakter atau profil karakter

Tahap berikutnya adalah membuat karakter, ini yang paling sulit dari sebuah manga. Butuh kelompok memang untuk membuat manga yang keren dan menarik, ada bagian pengisi cerita, bagian desain dan bagian pembuat karakter.

Tidak mudah jika harus dilakukan sendiri, kalian harus bersama-sama merangkai semua itu menjadi satu bacaan yang menarik.

karakter yang dibuat juga tidak bisa sama dengan karakter dari manga lainnya, harus berbeda.

Contoh saja model wajah, model desain custom, dan lain sebagainya. Pada intinya, buatlah karakter sesuai dengan imajinasimu dan bukan berdasarkan cuplikan yang sudah ada di manga-manga yang sudah pernah terbit sebelumnya. Buatlah ciri khas sendiri sehingga karakter dari manga yang kamu buat lebih mudah di ingat oleh banyak orang.

4. Tentukan pengaturan dan lain-lain

Sebagai pembuat manga, kalian sama halnya dengan membuat sebuah anime dengan jalan cerita yang jelas. Untuk karena itu, jangan lupakan namanya pengaturan berupa setting latar, waktu, suasana dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penting untuk di pahami juga, kalau pengaturan nama tempat ini juga tidak bisa sembarangan, harus sinkron dengan kondisi lokasi.

Contoh kalau lokasi tempat penyihir, di beri nama “ Bukit Tengkorak “ atau lainnya yang lebih terdengar menyeramkan. Intinya, kamu harus bisa memahami pola pikir dari setiap pembaca, kalau lokasi seperti ini namanya harus seperti ini.

Nah, silahkan direncang dengan baik mengenai pengaturan ini, mulai dari setting latar, waktu, tempat atau lokasi, nama benda dan masih banyak lagi yang perlu di susun.

5. Tentukan panjang manga

Tahap berikutnya yang tidak kalah penting adalah panjang manga yang akan kamu buat nantinya. Ini menentukan berapa lama manga kamu akan tamat dan paling tidak harus memikirkan beberapa cara untuk membuat pembaca tidak mudah bosan.

Biasanya para pembuat manga paham dengan hal ini, maksudnya ketika manga kamu memiliki halaman yang panjang, ada beberapa adegan menarik yang mampu memberikan rasa penasaran untuk terus membaca hingga selesai.

Seperti membangun kembali minat pembaca untuk terus membaca hasil karya kamu sampai tamat. Bangun protagonis, antagonis dengan maksimal.

Beri label yang jelas pada halaman manga kamu seperti penggunaan “ Bab 1 atau Hal 1 dan lain sebagainya “.

6. Rencanakan halaman buku

Berikutnya setelah semua disusun sedemikian rupa, coba sekarang kamu tentukan berapa halaman buku yang tepat untuk sebuah manga ciptaanmu.

Biasanya manga-manga dengan jalan cerita yang panjang menghabiskan setidaknya 100 halaman lebih, ada yang kurang dari 100 dan ada yang lebih juga. Pada intinya, kembali lagi dengan imajinasi si pembuat manga.

Jadi, ini tergantung dari kamu yang membuat jalan cerita manga menjadi lebih pendek atau panjang, semakin panjang harus ada hal-hal menarik didalamnya, sama halnya dengan manga dengan jalan cerita pendek harus menjelaskan dengan singkat.

7. Pilih gaya gelembung pidato

Biasanya pada sebuah manga akan diberi namanya kolom pidato, ada yang bentuknya bulat dan ada juga yang tidak beraturan. Hal ini disesuaikan dengan penulis manga.

Ada yang mungkin suka dengan gaya gelembung, gaya tidak beraturan, kotak dan masih banyak lagi yang lainnya. Yups, yang penting mudah terbaca saja font atau tulisan yang ada di dalamnya. Buat formal seperti bentuk oval atau lainnya yang menarik.

8. Menggambar manga dengan cara modern / manual

Berikutnya, silahkan kamu gambar manga dengan cara modern atau manual. Modern bisa menggunakan mesin seperti laser yang biasanya harga belinya mahal dan cara manual bisa langsung digambar dengan menggunakan alat yang ada.

Memang penuh perjuangan untuk membuat sebuah manga yang keren dan menarik di baca. Ayo berusaha, ciptakan karyamu sendiri yah.

9. Cetak karyamu dan mulai edarkan

Jika semuanya sudah selesai dan sudah waktunya mencetak, coba buat satu dulu dan silahkan kamu baca sendiri sampai selesai.

Jangan sungkan untuk menyuruh teman atau saudaramu atau mungkin pecinta manga untuk membacanya hingga selesai. Jika jalan cerita dari manga kamu cukup menarik dan mendapatkan rating baik, silahkan saja sembarkan dengan mencetak sesuai dengan kebutuhan.

Paling tidak, dari sini kamu mulai membangun karya yang bermanfaat untuk banyak orang.
Nah itulah panduan singkat membuat manga sendiri yang keren dan menarik. Semoga bermanfaat.

By : Petamilenial

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here